Sejarah Negara Republik Uruguay

Diposting oleh Unknown on Sabtu, 07 Desember 2013

Sejarah Negara Republik Uruguay - Republik Timur Uruguay merupakan sebuah negara kecil yang terletak di Amerika Latin. Negara ini berbatasan dengan Brasil di utara, Sungai Uruguay di barat, muara Río de la Plata (River Plate) di barat daya, dengan Argentina di tepi seberang keduanya, dan Samudra Atlantik Selatan di tenggara. Uruguay adalah rumah bagi sekitar 3,5 juta orang, di antaranya 1,8 juta tinggal di ibukota Montevideo dan daerah metropolitannya. 88% penduduknya adalah keturunan Eropa. Negara ini adalah yang kedua terkecil di Amerika Selatan dan salah satu yang ekonomi dan politiknya paling stabil dibenua tersebut.

Sejarah Berdirinya :
Sebelum pemukiman Eropa , Uruguay dihuni oleh masyarakat adat , para Charruas . Juan Díaz de Solis , seorang Spanyol , mengunjungi Uruguay pada tahun 1516 , tetapi Portugis pertama yang menetap ketika mereka mendirikan kota Colonia del Sacramento tahun 1680 . Setelah perjuangan panjang , Spanyol merebut negara dari Portugal pada 1778 , saat hampir semua penduduk asli telah musnah. Uruguay memberontak melawan Spanyol pada tahun 1811 , hanya untuk ditaklukkan pada tahun 1817 oleh Portugis dari Brasil . Kemerdekaan menegaskan kembali dengan bantuan Argentina pada tahun 1825 , dan republik ini didirikan pada tahun 1828 .

 Sebuah pemberontakan pada 1836 memicu hampir 50 tahun perselisihan faksi , termasuk perang saudara meyakinkan ( 1839-1851 ) dan perang dengan Paraguay ( 1865-1870 ) , disertai dengan sesekali intervensi bersenjata oleh Argentina dan Brasil . Uruguay, membuat sejahtera dengan daging dan ekspor wol , mendirikan sebuah negara kesejahteraan di awal abad ke-20 di bawah Presiden José Batlle y Ordóñez , yang memerintah 1903-1929 . Sebuah penurunan dimulai pada tahun 1950 sebagai pemerintah berturut-turut berjuang untuk mempertahankan birokrasi yang besar dan manfaat sosial mahal . Stagnasi dan kegiatan teroris sayap kiri ekonomi diikuti .
Sebuah Gonvernment Sipil Meningkatkan Outlook

Sebuah kudeta militer menggulingkan pemerintahan sipil pada tahun 1973 . Kediktatoran militer yang diikuti menggunakan ketakutan dan teror untuk mengacaukan populasi , mengambil ribuan tahanan politik . Setelah berkuasa selama 12 tahun , rezim militer yang brutal diizinkan pemilihan pemerintahan sipil pada tahun 1984 November dan aturan dilepaskan Maret 1985 , hak-hak politik dan sipil penuh kemudian dipulihkan .

Pemimpin berikutnya bertengkar dengan inflasi yang tinggi dan utang nasional raksasa . Pemilihan presiden dan legislatif pada November 1994 menghasilkan kemenangan tipis untuk pusat – kanan Partai Colorado dan calon presiden , Julio Sanguinetti Cairolo , yang telah presiden pada 1985-1990 . Ia mendorong agar reformasi konstitusi dan ekonomi yang bertujuan untuk mengurangi inflasi dan ukuran sektor publik , termasuk kenaikan pajak dan privatisasi . Pada November 1999 Jorge Batlle , dari Partai Colorado , memenangkan kursi kepresidenan .

Pada tahun 2002 , Uruguay memasuki tahun keempat resesi . Masalah ekonomi di negara tetangga Argentina menyebabkan penurunan mengejutkan 90 % di sektor pariwisata. Batlle juga menghadapi defisit anggaran yang cukup besar , utang publik yang terus berkembang , dan melemahnya peso di pasar internasional . Prospek ekonomi negara itu mulai membaik pada 2003. Dalam referendum Desember 2003 , 60 % dari pemilih memilih menentang membuka monopoli minyak negara untuk investasi asing . Pada Oktober 2004 , Tabare Vázquez dari Broad Front Sosialis memenangkan 50,7 % suara , ia mulai menjabat pada Maret 2005. Itu adalah kemenangan nasional pertama kiri di Uruguay .

Mahkamah Agung memutuskan pada bulan Oktober 2009 bahwa hukum amnesti melindungi anggota kediktatoran militer dari penuntutan atas pelanggaran hak asasi manusia di bawah junta , yang memerintah 1973-1985 , adalah inkonstitusional . Hari kemudian , mantan penguasa militer Gregorio Alvarez dijatuhi hukuman 25 tahun penjara atas pembunuhan 37 orang dan pelanggaran hak asasi manusia , dan pada bulan Februari 2010 mantan Presiden Juan Maria Bordaberry juga dijatuhi hukuman 30 tahun untuk pembunuhan dan perannya dalam tahun 1973 militer kudeta .

Pada bulan November pemilihan presiden limpasan tahun 2009 , José Mujica , mantan gerilyawan kiri dan anggota kiri-tengah yang mengatur Broad Front , mengalahkan kandidat konservatif Partai Nasional , Luis Alberto Lacalle , 53 % sampai 43 % . Mujica mengatakan ia akan mengejar kebijakan yang moderat dilaksanakan oleh Vazquez , presiden keluar .
Mujica Dorong Legalisasi Marijuana untuk tahun 2012

Pada bulan Juni 2012, Presiden Mujica meminta legalisasi dan regulasi ganja di Uruguay . Pengumuman itu datang dengan penjelasan bahwa itu adalah langkah untuk mengakhiri perdagangan narkoba di negara tersebut . Salah satu anggota parlemen bekerja pada proposal , Sebastián Sabini mengatakan , ” Kami ingin memisahkan pasar , pengguna dari pedagang , ganja dari obat lain . ”

Jika Uruguay melewati tagihan, itu akan membuat mereka yang pertama disahkan ganja republik di dunia. Belanda meloloskan RUU untuk mengabaikan penggunaan ganja dan penjualan pada tahun 1976 . Pada tahun 2001 , Portugal mengakhiri semua pelanggaran pidana untuk penggunaan narkoba , namun , jika RUU disahkan , Uruguay akan mengambil satu langkah lebih lanjut , industri ganja dikelola negara .

RUU ini bertemu dengan oposisi dari lawan politik , dokter , dan bahkan pengguna ganja yang berkaitan dengan bagaimana ganja akan dikelola . Kejahatan dan kecanduan , sudah meningkat di negara itu , kekhawatiran lain. RUU itu akan meminta pemerintah untuk mengharuskan pengguna untuk mendaftar untuk kartu pendaftaran . Kartu akan melacak dan membatasi pembelian ke jumlah seperti 40 sendi bulan , pejabat menjelaskan .

Pada bulan Oktober 2012, Senat Uruguay menyetujui RUU yang memungkinkan perempuan untuk melakukan aborsi selama trimester kehamilan pertama. Rumah itu disetujui bulan sebelumnya dan Presiden Mujica mendukungnya . Mujica direncanakan untuk menandatangani RUU tersebut menjadi UU pada November 2012 . RUU itu ditetapkan untuk menjadi hukum hak aborsi paling progresif di Amerika Latin .
Uruguay melegalkan Pernikahan Sama – Sex

Pada tanggal 10 April 2013, anggota parlemen di Uruguay memilih untuk melegalkan pernikahan sesama jenis , menjadi negara ke-12 di dunia untuk melakukannya . Undang-undang baru membuat Uruguay negara kedua di Amerika Latin untuk meloloskan peraturan untuk mendukung pernikahan gay . Tetangga Uruguay , Argentina melegalkan pernikahan sesama jenis di tahun 2010 . Presiden Mujica dan koalisinya partai politik , Broad Front , yang didukung hukum . Mujica diharapkan untuk menandatangani undang-undang baru dalam waktu sepuluh hari .

RUU kesetaraan pernikahan Uruguay pertama melewati senat dengan suara 23-8 . Kemudian lewat di majelis rendah dengan suara 71-21 . Undang-undang adalah langkah lain menuju kesetaraan sesama jenis di negara ini . Pada tahun 2009 , Uruguay menjadi negara Amerika Latin pertama yang memungkinkan adopsi untuk pasangan sesama jenis . Itu juga negara pertama di Amerika Latin untuk memiliki undang-undang serikat sipil untuk pasangan sesama jenis . Bahwa hukum serikat sipil nasional disahkan pada tahun 2008 .
Jenderal Aktif Pertama Dihukum untuk Pelanggaran Hak Asasi Manusia

Pada tanggal 9 Mei 2013, Jenderal Miguel Dalmao menjadi jenderal aktif pertama dihukum karena pelanggaran hak asasi manusia selama Uruguay 1970 kediktatoran . Dalmao dinyatakan bersalah dan dijatuhi hukuman untuk melayani 28 tahun penjara atas kematian seorang profesor komunis . Profesor tewas pada tahun 1974 . Dalmao adalah seorang letnan 23 tahun pada saat kematian sang profesor.

Sumber :
1. http://www.hikmat.web.id/sejarah-dunia/sejarah-negara-uruguay/
2. http://id.wikipedia.org/wiki/Uruguay
Artikel Terkait
Kami akan sangat berterima kasih apabila anda menyebar luaskan artikel Sejarah Negara Republik Uruguay ini pada akun jejaring sosial anda, dengan URL : https://kolomsejarahdunia.blogspot.com/2013/12/sejarah-negara-republik-uruguay.html

Bookmark and Share

0 komentar... Baca dulu, baru komentar

Posting Komentar