Sejarah Berdiri Perusahaan Suzuki

Diposting oleh Unknown on Rabu, 18 Desember 2013

Sejarah Berdiri Perusahaan Suzuki - Suzuki Motor Corporation merupakan sebuah perusahaan asal Jepang yang telah memproduksi kendaraan seperti mobil dan sepeda motor. Mereka memiliki tempat produksi yang terletak di lebih dari 22 negara. Pesaing utama mereka adalah Toyota, Ford, Honda, dan Daihatsu. Sementara partner mereka adalah Nissan, Mitsubishi, Mazda, dan Volkswagen. Pada awalnya General Motors memiliki saham mayoritas di Suzuki. Kini Grup Volkswagen telah membeli 19,9% saham dari suzuki corporation.

Sejarah Berdirinya :
Michio Suzuki, adalah pemilik usaha yang membuat peralatan untuk menenun Sutra. Usaha ini di mulai pada tahun 1909an. Seperti kita ketahui, setelah Perang Dunia ke 2 banyak, perusahaan-perusahaan yang gulung tikar karena adanya krisis yang menyeluruh. Begitu juga perusahaan Suzuki ini tidak luput dari masalah keuangan.

Akhirnya pada tahun 1952, Suzuki mencoba membuat Bracket untuk mesin tempel pada sepeda Sepeda buatan Suzuki yang pertama dinamakan Power Free (untuk kapasitas 36 cc), lalu dilanjutkan dengan Diamond Free (utk Kapasitas 60cc). Dan pada tahun 1954, Suzuki mencoba membuat sepeda motor pertamanya dengan nama COLLEDA 90cc. Tidak banyak yang bisa dilakukan Suzuki saat itu. Sampai tahun 1960-an hanya memproduksi sedikit karena permintaan export tidak banyak.


Pada tahun 1967, Suzuki mencoba membuat T500 dan diexport ke Amerika dan Inggris dengan nama Titan (USA) atau Cobra (Inggris). Karena dinilai cukup sukses maka T500 terus dikembangkan sehingga menjadi GT500 yang terus diproduksi hingga tahun 1977. Sebenarnya tahun 1971, Suzuki membuat GT750 (Water Buffalo) tapi tidak sukses untuk pasar Superbike didunia pada saat itu.

Dilanjutkan pada Tahun 1976, Suzuki membuat GS750 sebagai perbaikan dari GT750. GS750 ini punya akselerasi sangat cepat tidak heran menjadi populer & cukup sukses. Kemudian dilanjutkan menjadi GS1000 pada tahun 1978. GS 1000 ini mencapai sukses yang luar biasa dan sangat diterima market saat itu. Kesuksesannya ada pada frame terlihat lebih kokoh dibanding motor-motor lain saat itu. GS 1000 dikembangkan menjadi GSX 1000 ditahun 1980 dan GSX 1100 Katana di tahun 1982.

Disinilah Suzuki mencapai sukses besar karena model ini dikenal powerfull (kencang), disainnya yang modern, body ringan dan harganya yang sangat kompetitif. Pada tahun 1986, kembali Suzuki membuat gebrakan dengan model andalanya GSX-R750 dan GSX-R 1100. Motor ini terkenal sebagai motor super cepat pada saat itu, karena model ini benar-benar mengadobsi motor balap, karena memang diperuntukan dijalan raya. GSX-R750 terus diproduksi sampai saat ini karena penjualan yang sangat baik.

Tetapi GSX-R 1100 Suzuki mengalami kerugian karena penjualan kurang baik, dan distop produksinya. Kemudian di tahun 1990an, GSX-R 1100 dicoba didesign ulang, tetapi tetap kurang mencapai kesuksesan. Maka pada tahun 1999, Suzuki membuat gebrakan yang kesekian kalinya dengan memproduksi GSX-1300R yang kita kenal dengan nama HAYABUSA yang sekaligus menjadi motor jalanan (street bike) yang tercepat didunia karena kecepatannya dapat mencapai 320km/jam saat itu dan mampu menembus kecepatan 607.5km/jam sebagai mesin jet darat top one team USA ( 2010 - 2011 ).

Tambahan :
memiliki permulaan yang rendah hati di Jepang sebagai sebuah perusahaan di dangau 1909. Pemilik, Michio Suzuki diinvestasikan dalam dangau untuk membuat mesin-mesin produksi lebih efisien dan menguntungkan. The keuntungan dari dangau produksi tetap mengalami pertumbuhan harga melalui 30 tahun span. Pada saat itu, perusahaan memiliki kekayaan yang cukup untuk berinvestasi di industri lain. Dalam upaya diversifikasi produk mereka, Suzuki diinvestasikan dalam produksi mobil kompak. Mobil suzuki dari warisan dimulai pada 1937. 

Pertama yang sported model Suzuki 13 daya kuda, empat silinder mesin. Namun, pada serangan hebat dari Perang Dunia II (WWII) Amerika perselisihan produksi dihentikan. Sekali lagi perusahaan investasi mereka kembali ke dangau perusahaan yang akhirnya akan melihat kematian di tahun 1950-an.Setelah kembali dari WWII membeli peluang investasi dalam industri transportasi. Selama 1950 Suzuki rekayasa dari beberapa model sepeda motor perintis dunia kompak dan aman. 

Keberhasilan ini segera motor menyebabkan pembukaan pada tahun 1955. Tahun ini juga melihat kembali masuknya ke dalam mobil Suzuki industri dengan Suzulight. Suzulight di Jepang adalah pertama-mobil ringan. Keberhasilan ini akan membawa pada tahun. Selama tahun 1980-an, Suzuki memasuki pasar Amerika dengan revolusioner Olahraga Utility Vehicles (SUV) yang captivated American konsumen. Hari ini, Suzuki adalah perusahaan multinasional yang terus pelopor teknologi otomotif. Kendaraan mereka saat ini line-up terdiri dari: XL7, Grand Vitara, SX4, Forenza dan Reno. Berbagai model conceptualized adalah untuk melayani berbagai kebutuhan dan keinginan pemilik mobil di Amerika.Pada tahun 2007, Suzuki mencatat penjualan terbaik tahun perusahaan. 

Dijual suzuki sebuah 101.884 kendaraan di Amerika, yang ditandai dengan peningkatan signifikan persentase penjualan berbagai model. Selain itu, Suzuki juga telah sukses garnered terkenal di Dunia Rally Championship (WRC). 2007 Suzuki melihat perlombaan tim memutuskan untuk merekam tercepat mendaki bukit di Pikes Peak Hill Club. Suzuki juga membentuk garis halus balap di bawah katalog produk Suzuki Sport.Sementara Suzuki Sport menawarkan performa tambahan dan pilihan, Suzuki juga teknisi pemeliharaan dan penggantian komponen. Suzuki bagian melanjutkan perusahaan warisan perusahaan telah ditetapkan dalam industri otomotif. Suzuki terus suplai mereka berkepentingan dengan negara-of-the-art cadang untuk pemeliharaan, peningkatan dan penggantian.

Sumber :
1. https://www.facebook.com/suzukimotorindonesia/posts/127451470741475
2. http://augustaran.blogspot.com/2013/04/sejarah-berdiri-perusahaan-suzuki.html
3. http://onetdm.blogspot.com/2012/07/sejarah-berdirinya-suzuki.html
4. http://foursda.blogspot.com/2013/01/sejarah-berdirinya-perusahaan-suzuki.html
Artikel Terkait
Kami akan sangat berterima kasih apabila anda menyebar luaskan artikel Sejarah Berdiri Perusahaan Suzuki ini pada akun jejaring sosial anda, dengan URL : https://kolomsejarahdunia.blogspot.com/2013/12/sejarah-berdiri-perusahaan-suzuki.html

Bookmark and Share

0 komentar... Baca dulu, baru komentar

Posting Komentar